Kilas MM FEUI
Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (MM-FEUI) didirikan berdasarkan penugasan Pemerintah melalui Departemen Pendidikan dan Kebudayaan kepada Universitas Indonesia. Latar belakang penugasan ini adalah adanya kecenderungan pada pertengahan tahun 1980-an di mana berbagai lembaga pendidikan swasta di Indonesia menawarkan pendidikan manajemen dengan gelar MBA (Master of Business Administration). Sementara itu pendidikan dan gelar MBA tidak dikenal dalam sistem pendidikan nasional. Untuk mencegah kemungkinan permasalahan yang timbul bagi para penyandang gelar MBA tersebut, maka Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia menugaskan Universitas Indonesia dan Universitas Gajah Mada, sebagai dua Universitas yang memiliki Fakultas Ekonomi yang kuat, untuk merintis pendirian program Magister Manajemen di Indonesia. Tujuan utama dari pendirian program Magister Manajemen adalah untuk menghasilkan calon manajer profesional yang bermutu. Karena itu pula pendidikan Magister Manajemen ini disebut pendidikan S 2 studi manajemen jalur profesi. Selain itu, program Magister Manajemen dari dua universitas ini diharapkan dapat menjadi panutan (benchmark) bagi pengembangan program Magister Manajemen dari lembaga pendidikan lainnya. Pendirian program Magister Manajemen juga merupakan proyek percobaan bagi upaya mobilisasi dana masyarakat bagi pengembangan pendidikan tinggi. Karena itu pendirian Program Studi ini sama sekali tidak menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).

Sebagai suatu program pendidikan yang baru, pendirian program studi Magister Manajemen membutuhkan kerja keras dan waktu persiapan yang cukup panjang baik dalam hal pengembangan kurikulum maupun dalam hal pengembangan fasilitas pendidikan yang sesuai standar pendidikan MBA di negara maju dan kebutuhan industri. Pengembangan kurikulum MM FEUI dibantu oleh Walter A. Haas School of Business University of California, Berkeley dan berdasarkan pertemuan dan diskusi dengan berbagai usahawan di Jakarta. Sedangkan pengembangan fasilitas, MM-FEUI dibantu oleh berbagai kalangan industri, baik perusahaan, lembaga maupun perorangan.

Pada tanggal 7 Oktober 1988, MM-FEUI secara resmi dibuka dengan Kuliah Perdana bagi mahasiswa angkatan pertama yang diberikan oleh Prof. Dr. Ali Wardhana. Pada saat pembukaannya, Program Studi MM-FEUI menawarkan dua konsentrasi, yaitu Manajemen Internasional dan Akuntansi Manajemen. Pada tahun-tahun pertama pelaksanaan program, MM-FEUI juga memperoleh bantuan tenaga pengajar dari Haas School of Business University of California, Berkeley.
Pada tahun 1993, berdasarkan permintaan dari PT Garuda Indonesia dan perusahaan penerbangan lainnya, MM-FEUI membuka konsentrasi baru Transportasi Udara bekerja sama dengan Massachusetts Institutes of Technology (MIT).

Pada tahun 1995, MM-FEUI dipercaya oleh Pemerintah Perancis untuk melaksanakan program gelar ganda MM-CAAE. Peserta peminatan ini pada akhir studinya akan memperoleh gelar Magister Manajemen dari Universitas Indonesia dan gelar Certificat d'Aptitude a L'Administration des Entreprises (CAAE) yang setara dengan gelar MBA, dari salah satu universitas terkemuka di Perancis. Sebagian kuliah diberikan oleh pengajar dari Perancis yang didatangkan ke Indonesia dengan bantuan dari Pemerintah Perancis. Konsentrasi MM-CAAE merupakan peminatan khusus pertama yang dikembangkan oleh program MM-FEUI. Pada perkembangan selanjutnya, peminatan khusus merupakan program yang membedakan MM-FEUI dengan program MM lainnya.

Selama periode 1995 -1997, MM-FEUI banyak melakukan berbagai penyesuaian dalam peminatan (konsentrasi) yang ditawarkan. Konsentrasi Manajemen Pemasaran dan Manajemen Keuangan dan Perbankan ditawarkan untuk menggantikan konsentrasi Transportasi Udara dan Akuntansi Manajemen. Selanjutnya pada tahun 1997, MM-FEUI mengembangkan konesntrasi Manajemen Aktuaria. Pengembangan program ini merupakan bagian dari Proyek Reformasi Sektor Keuangan (Financial Sector Reform Project/FISEK) yang didukung oleh Pemerintah Kanada melalui the Canadian International Development Agency (CIDA). Program ini bertujuan untuk mendukung pengembangan industri asuransi melalui penyediaan sumber daya manajemen yang memiliki keahlian aktuaria. Manajemen Aktuaria merupakan peminatan Khusus kedua yang dikembangkan oleh MM-FEUI.

Pada tahun 2000, MM-FEUI memperkenalkan konsentrasi baru, Manajemen Operasi dalam rangka melengkapi konsentrasi yang ditawarkan oleh peminatan reguler. Dan pada tahun 2001, MM-FEUI membuat langkah besar dalam pengembangan program dengan memperkenalkan dua peminatan khusus baru, yaitu peminatan Manajemen Risiko dan Peminatan Pasar Modal. Manajemen Risiko dikembangkan untuk mendukung industri perbankan Indonesia untuk meningkatkan kemampuan mengelola risiko sebagaimana yang dikembangkan menjadi standar perbankan internasional oleh Bank for International Settlements (BIS). Sedangkan Manajemen Pasar Modal dikembangkan berdasarkan permintaan dan kerjasama dengan PT Bursa Efek Jakarta dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang bergerak di Pasar Modal Indonesia.

Pada tahun 2003, MM-FEUI kembali memperkenalkan konsentrasi baru Manajemen Sumber Daya Manusia. Dengan diperkenalkannya konsentrasi baru ini maka MM-FEUI telah melengkapi seluruh area dari fungsi manajemen.

Selain itu, pada tahun 2003, MM-FEUI menyelenggarakan Forum Manajemen, suatu kegiatan pendidikan non gelar. Kegiatan ini awalnya bernama Forum Alumni, suatu kegiatan bagi alumni MM-FEUI untuk memperoleh penyegaran dan pemutahiran atas ilmu dan pengetahuan yang telah diperoleh di masa studinya di MM-FEUI. Kegiatan ini ternyata tidak hanya menarik minat alumni tapi dari pihak-pihak lain yang bukan alumni, sehingga kegiatan tersebut diperluas dengan nama Forum Manajemen, suatu kegiatan diskusi, workshop dan pelatihan untuk para manajer yang ingin mengembangkan pengetahuannya. Kegiatan yang telah dilaksanakan meliputi : workshop topik-topik terbaru di bidang manajemen, training SPSS, workshop manajemen risiko, diskusi studi kasus, dan lain-lain. Dengan demikian, sejak tahun 2003, MM-FEUI lebih banyak menawarkan pilihan konsentrasi, yang terdiri dari 5 pilihan konsentrasi pada program reguler, yaitu Manajemen Internasional, Manajemen Pemasaran, Manajemen Keuangan, Manajemen Operasi dan Manajemen Sumber Daya Manusia, dan 4 pilihan peminatan (konsentrasi) MM khusus, yaitu MM-CAAE, Manajemen Aktuaria,  Manajemen Risiko dan Manajemen Pasar Modal.

Pada tahun 2004, MM-FEUI mulai memperkenalkan program pendidikan profesi yang disebut Program Pengembangan Profesi. Pada saat ini telah diselenggarakan 2 program pendidikan, yaitu persiapan ujian CFA dengan menggunakan materi dari Shulman Review Amerika Serikat dan program pendidikan Financial Planner yang bekerjasama dengan IARFC Indonesia.