GNW 2017, Diskusi dengan UKM

Pada sesi terakhir di hari Rabu, 15 Maret 2017, para peserta Global Netwoek Weeks 2017 berdiskusi dengan UKM tentang persoalan-persoalan yang mereka hadapi saat ini. Bahan diskusi ini merupakan rujukan agar para peserta dapat memberikan ide dan pemecahan masalah yang kemudian dituangkan dalam presentasi per group.

Para peserta kemudian dibagi ke dalam 12 group dalam 6 kelompok UKM. Setiap group akan bersaing dalam sesi final presentasi group yang akan diselenggarakan pada hari Jumat, 17 Maret 2017 di Kampus FEB UI Depok.

Kelompok : A UKM : Lana                                                     Nara sumber : Shinta

Hasil diskusi : Membahas profil perusahaan, bagaimana pasar mereka, dan apakah target yang akan mereka capai serta tantangan yang dihadapi.

Kelompok :B UKM : Hem's Frozen Food                               Nara sumber : Hema Suci Lestari

Hasil diskusi : Mengetahui profil dan masalah yang dihadapi UKM, mengetahui strategi pemasaran, dan distribusi yang telah dan akan dilakukan.

Kelompok : C UKM : Hamueco                                              Nara sumber : HasnaAfifah

Hasil diskusi : Budget villa/cottage di Raja Ampat. Menyewakan kamar dan tur. Problemnya adalah okupansi hanya ada pada weekend banyaknya, weekday sepi. Lalu, ketergantungan mencari klien dari pameran travel.

Kelompok : D UKM : Inagrow                                               Narasumber : Yuni

Hasil diskusi : Inagrow tidak dapat mengembangkan ide-ide bisnis yang besar karena tidak mempunyai dana untuk melakukan pilot test, dimana pilot test adalah hal yang krusial karena menentukan kelayakan ide yang akan didanai oleh investor.

Kelompok : E UKM : Wepe Button (Handmade Craft)          Narasumber : WahyuPuspitarini (Ayu)

Hasil diskusi : Memberikan ide kepada pemilik untuk mempromosikan produk kerajinan tangannya, bagaimana menentukan target pasar yang ingin disasar dan trademark produk yang membedakannya dari merek lain dengan produk sejenis.

Kelompok : F UKM : Menantu Idaman (Catering and Snack) Narasumber : Rahma

Hasildiskusi : Membahas company profile dan sejarah Menantu Idaman, mengindentifikasi SWOT dan STP Menantu Idaman dan rencana ke depannya.

(RH ed Ph).