GNW 2017, Enabling Women, Energizing Nation - Prof. Sri Moertinisih Setyo Adioetomo

Dalam rangkaian kegiatan Global Network Weeks (GNW) 2017, yang bertempat di gedung Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia sebagai pembicara utama Prof. Sri Moertiningsih Setyo Adioetomo. Guru Besar FEB UI ini memaparkan perspektif secara makro mengenai peran wanita dalam perekonomian. Dengan tajuk “Women and Digital Entrepreneurship” pembicara mengajak mahasiswa para peserta GNW untuk melihat kondisi pada saat krisis ekonomi tahun 1998 di Indonesia, banyak wanita yang harus berkorban untuk menyelamatkan perekonomian rumah tangga. Sejak saat itu, kontribusi wanita dalam perekonomian menjadi penting karena akan membantu mencapai efisiensi ekonomi yang pada akhirnya akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

Akan tetapi pertumbuhan ekonomi tidak serta merta dapat terjadi tanpa adanya pemberdayaan wanita yang lebih baik dari sisi kesehatan maupun pendidikan. Oleh sebab itu perlu diterapkan sistem egalitarian yaitu persamaan hak dan kesempatan untuk semua orang. Wanita dan laki-laki harus memiliki kesempatan yang sama untuk mengakses, berpartisipasi, mengendalikan dan menikmati manfaat yang mereka peroleh atas keterlibatan mereka dalam aktivitas ekonomi.

Profesor yang mendalami peran wanita dalam pembangunan ekonomi ini juga mengingatkan pentingnya pendekatan yang dapat dilakukan untuk mencapai kesejahteraan wanita yang kemudian dapat membuat semua orang lain menikmati kesejahteraan adalah:

1. Meningkatkan akses wanita untuk berpartisipasi dan mendapatkan keuntungan dari pasar tenaga kerja, sehingga akan meningkatkan produktivitas dan efisiensi ekonomi

2. Partispasi para wanita dalam aktivitas ekonomi akan meningkatkan pendapatan rumah tangga dan akan meningkatkan kesejahteraan keluarga.