Proses Belajar-Mengajar
Metode Participant Centered Learning dan Metode Problem Based Learning
Untuk menciptakan karakter mahasiswa yang mandiri, berpikir kritis, dan kreatif, MM-FEUI menerapkan pola pengajaran dengan sistem Participant Centered Learning (PCL) sejak awal tahun 2006. Dalam sistem ini, mahasiswa dituntut untuk lebih proaktif dalam proses belajar dan menjadikan kebiasaan membaca sebagai sesuatu yang esensial dalam mengikuti perkuliahan di MM-FEUI. Sistem PCL ini diadaptasi dari pola pengajaran sekolah-sekolah bisnis terkemuka dunia, di antaranya adalah Harvard Business School (HBS).

Tuntutan atas kematangan intelektual mahasiswa, kadar tingkat kemandirian, dan kreativitas mahasiswa tercermin dalam metode belajar mengajar yang menggunakan metode Paticipant Centered Learning. Waktu yang terbatas dengan pemberian tugas paper individu maupun kelompok yang cukup banyak menuntut mahasiswa untuk dapat membagi waktu dengan baik. Mahasiswa juga dituntut untuk membaca bahan perkuliahan, sehingga siap mengikuti perkuliahan.

Metode PCL adalah metode perkuliahan yang berbasis kepada partisipasi para mahasiswa. Pada jam pertama perkuliahan, metode yang diterapkan adalah diskusi. Dosen memberikan pertanyaan kepada mahasiswa yang ditunjuk secara acak. Pertanyaan yang diajukan bersifat menggali pendapat dan mengembangkan kemampuan analisis mahasiswa. Kemudian, pada satu jam terakhir, dosen memberikan rangkuman dan inti dari diskusi pada hari itu disertai dengan inti dari context materi dihubungkan dengan aplikasi/implementasi di lapangan.
Selengkapnya